Gimp dengan Satu Jendela

Sobat Pasti udah tau tentang Gimp..! Yapp,, gimp adalah salah satu Aplikasi Graphic di Linux, gw menggunakan aplikasi ini sebagai Pengganti Photoshop di Linux (Ubuntu). Cara penggunaannya hampir (bukan berarti sama) sama Photoshop. Hanya saja saat menjalankannya Aplikasi tersebut membuka 3 jendela sekaligus untuk menjalankan jendela2 pendukung seperti Toolbox.

Buat sobat2 yang baru nyoba pasti bingung ngeliatnya (termasuk gw). ! Kemaren gw jalan ke blognya bang AreefDharma, dan dw nemuin tutorial tentang cara gabungin jendela2 tersebut. Karena gw rasa sangat amat bermanfaat jadi, gw jadi kepingin share balik buat temen2, tentunya dengan bahasa gw sendiri.. :)

Ok..  gw langsung aja.! Saat pertama menginstall dan lalu menjalankan GIMP, maka akan keluar 3 buah jendela seperti gambar di bawah ini :


Jadi, apa yang akan kita lakukan?? Kita bakalan gabungin ketiga jendela tersebut dengan sebuah aplikasi bernama GimpBox, sebelumnya sobat harus menginstal aplikasi yang bernama Phyton-wnck , cukup dengan mengklik link ini , setelah aplikasi tersebut terpasang. Kemudian lanjutkan langkah2 dibawah :
  • Buka terminal, dan ketikkan perintah berikut :
 sudo wget http://gimpbox.googlecode.com/hg/gimpbox.py -O /usr/local/bin/gimpbox
  •  lalu, ubah permission GimpBox, dengan mengetikkan perintah :
 sudo chmod +x /usr/local/bin/gimpbox

    Sampai disini sobat telah berhasil membuat Gimp dengan satu Jendela saja, untuk menjalankannya, tinggal buka terminal dan ketikkan gimpbox.



    Selanjutnya, agar sobat tidak susah2 membuka terminal untuk menjalankannya, kita akan mengubah Command pada aplikasi Gimp, sehingga saat aplikasi Gimp sobat jalankan, maka otomatis akan jadi satu jendela saja.. :)
    • Buka System >> Preferences >> Main Menu
    • Klik Graphics >> disebelah kiri Pillih "Gimp Image Editor"
    • Klik kanan >> Properties
    • Ubah command nya menjadi :
     gimpbox %U

    •  Kemudian close... 

    Moga bermanfaat buat sobat-sobat linuxer :)
     
    Anda sedang membaca artikel tentang Gimp dengan Satu Jendela dan anda bisa menemukan artikel Gimp dengan Satu Jendela ini dengan url http://blogger-kerinci.blogspot.com/2011/12/gimp-dengan-satu-jendela.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Gimp dengan Satu Jendela ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Gimp dengan Satu Jendela sebagai sumbernya.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Makasih atas kunjungannya, jangan lupa komentar ya... :D

    Powered by

    Pengikut

    Total Tayangan Halaman

    Follow on G+